Puncak Arus Balik Lebaran, 6.688 Motor dan 7.848 Mobil Melintasi Jalur Arteri Kalimalang Bekasi

  • Bagikan
ilustrasi arus mudik

RAKYAT SULSEL.CO - Puncak arus mudik terjadi pada malam hari ini, sehingga lalu lintas di wilayah Kota Bekasi mengalami kepadatan di beberapa titik.

Kasatlantas Polres Metro Bekasi Kota, AKBP Yugi Bayu Hendarto mengatakan, terpantau terjadi kepadatan di area Jalan Tol dan Jalan Raya Kalimalang Bekasi.

"Iya betul (Puncak Arus Mudik), kalau dari TOL Jakarta - Cikampek itu sudah terpantau pemudik yang ingin kembali ke Jakarta," kata Yugi Bayu Hendarto, Senin 15 April 2024.

Menurutnya, anggota di lapangan akan melakukan rekayasa lalu lintas dengan memprioritaskan kendaraan yang melintas dari Cikampek menuju Jakarta.

"Jika terjadi kepadatan, kita lakukan tarik menarik (memperioritaskan) kendaraan, dari arah Cikarang menuju ke Jakarta untuk melancarkan arus lalu lintas," jelasnya.

Pihaknya juga akan menyiagakan seluruh personel 24 jam di lapangan, untuk mengatur Kendaraan melintas lebih dahulu yang menuju Jakarta.

"Selma arus balik mudik lebaran ini (disiagakan 24 jam), antisipasi di jalur arteri kami berlakukan 2 1 untuk melancarkan arus lalulintas, jadi dari arah Cikarang nanti diperbanyak untuk jalannya," ucapnya.

Berdasarkan data yang telah di dapat, hingga pukul 14.00 WIB sebanyak 6.688 motor dan 7.848 mobil yang melintas di Jalur Arteri Kota Bekasi.

Terpisah PT Jasa Marga (Persero) telah mencatat, sebanyak 961.852 kendaraan kembali ke Wilayah Jabodetabek pada periode arus balik Idul fitri 1445 H.

Marketing Communication Department Head Jasa Marga, Faiza Riani mengatakan, data tersebut tercatat sejak 10 April sampai 14 April 2024.

"Total volume lalu lintas yang kembali ke wilayah Jabotabek ini meningkat 41,03 persen, jika dibandingkan lalulintas normal dengan total 681.996 kendaraan," kata Faiza Riani dalam keterangannya.

Angka tersebut merupakan kumulatif lalu lintas dari empat Gerbang Tol Utama, diantaranya Cikupa, Ciawi, Cikampek Utama dan Kalihurip Utama dari wilayah Jawa Barat.

  • Bagikan