Bacaleg NasDem Makassar Didominasi Milenial

  • Bagikan
Ilustrasi. Parpol Buka Penjaringan Bacaleg

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) NasDem Kota Makassar tengah melakukan perekrutan bakal calon Legislatif (Bacaleg). Sampai saat ini, minat untuk menjadi wakil rakyat didominasi oleh kalangan milenial.

Sekretaris DPD Partai NasDem Kota Makassar, Ari Ashari Ilham mengatakan pihaknya memiliki program NasDem memanggil yang dapat memberi kesempatan masyarakat yang ingin bergabung kontestasi politik satu kali dalam lima tahun ini. Sekarang, bacaleg yang mendaftar di NasDem sudah melebihi kuota 30 persen setiap daerah pemilihan (dapil).

Bahkan, lanjut Ari, sampai saat ini sudah sekitar 70 persen berasal dari anak muda atau milenial.

"Ini membuktikan jika saat ini kaum milenial sudah melek politik. Alhamdulillah, mungkin karena anggota NasDem Makassar saat ini terlihat rata-rata anak muda. Jadi pendaftarnya juga hampir 70 persen anak muda," tuturnya.

"Kita juga bersyukur anak muda di Makassar tidak antipati terhadap politik. Makassar itu sudah terbuka matanya untuk mengawasi dan terlibat langsung dalam pembangunan Kota Makassar," sambung Ari.

Legislator DPRD Makassar itu menambahkan, karena tahapan penjaringan bacaleg masih cukup panjang, selain itu agar NasDem tetap menjadi pemenang Pemilu di Kota Makassar, pihaknya juga akan melakukan survei siapa yang layak masuk dalam daftar calon legislatif (Caleg).

"Jadi saat ini NasDem masih konsisten melakukan penjaringan, melakukan evaluasi dan rapat-rapat internal, untuk menentukan siapa yang akan didorong menjadi calon tetap," jelasnya.

Walau sudah ada pendaftar dari eksternal, NasDem Kota Makassar pastinya mendahulukan kader internalnya terlebih dahulu dalam proses pendaftaran bacaleg.

Meski demikian, lanjut Ari, kader internal ini tetap harus melalui tahapan pendaftaran yang ketat. Sebab, bagaimanapun NasDem hendak mencari caleg terbaik untuk bisa mempertahankan kemenangan di Makassar.

"Kami memberikan ruang yang sama antara eksternal dan internal. Tapi jika ada kader yang sama baiknya dengan eksternal pastinya kami mengakomodir yang internal," jelasnya. (Fahrullah/B)

  • Bagikan