AHY Batasi Diri Tidak Ingin Campuri Penentuan Cawapres Prabowo

  • Bagikan
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono saat Deklarasi Dukungan Kepada Prabowo Subianto di Jakarta Convention Center, Jakarta, Kamis (21/9/2023).

JAKARTA, RAKYATSULSEL -- Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyerahkan sepenuhnya penentuan Bakal Calon Wakil Presiden (Bacawapres) pada Bakal Calon Presiden (Bacapres) Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto.

Hal itu dinilai baik lantaran Prabowo Subianto memiliki kriteria pasangan yang dianggap penting untuk memenangkan gelanggang Pilpres 2024 nanti. AHY menilai, Bacawapres yang nantinya dipilih Prabowo Subianto berarti penting untuk jalannya pemerintahan.

"Kita ingin sebetulnya memberika keleluasaan kepada Pak Prabowo sebagai capres yang diusung bersama untuk menentukan running mate-nya, menetukan pasangan dalam arti beliau sendirilah yang sebaiknya menetukan kriteria-kriteria cawapres yang beliau anggap penting," kata AHY saat ditemui wartawan di Jakarta Convention Center, Jakarta, Kamis (21/9/2023).

AHY pun mengaku enggan berandai-andai dengan simulasi pasangan capres-cawapres di beberapa hasil lembaga survei. Dia mengaku lebih menghormati Koalisi Indonesia Maju (KIM) dengan perhitungannya menentukan Bacawapres bagi Prabowo Subianto.

"Diberikan ruang kepada partai-partai politik pengusung untuk menyampaikan aspirasinya, termasuk Partai Demokrat. Walaupun kami mungkin termasuk yang paling akhir bergabung tapi tadi bisa dilihat, kami secara meyakinkan dan juga penuh dengan kebulatan memberikan dukungan penuh kepada Pak Prabowo," katanya.

Lebih lanjut, AHY menegaskan bahwa Partai Demokrat tidak akan mencampuri keputusan Prabowo Subianto dalam menentukan bacawapres. Kendati demikian, AHY meyakini Prabowo Subianto akan menghormati tiap-tiap masukan dari mitra koalisi pendukungnya.

"Saya tidak ingin masuk ke wilayah itu terlalu jauh, kita berikan keleluasan itu kepada Pak Prabowo Subianto dan saya yakin beliau juga akan menghormati aspirasi dan pandangan-pandangan dari kita semua," tandasnya.

  • Bagikan