Dewan Pesimis Pembangunan Stadion Mattoanging

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Harapan masyarakat Provinsi Sulawesi Selatan agar tim kebanggaannya PSM Makassar kembali bermarkas di Stadion Mattoanging tak kunjung terwujud setelah dirobohkan pada 21 Oktober 2020 silam.

Anggota Komisi E DPRD Sulsel, Fauzi Andi Wawo menegaskan, pembangunan Stadion Mattoanging yang selama ini dijanjikan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) sebatas janji atau untuk hanya membodohi masyarakat.

Pasalnya, lanjut Sekretaris Fraksi PKB ini, sebagai mitra dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulsel, selama tiga tahun pihaknya menyetujui anggaran pembangunan Stadion Mattoanging di APBD pokok dan APBD Perubahan.

"Soal kelanjutan pembangunan Stadion itu, kan selama tiga tahun kita komisi E selalu anggarkan di APBD pokok dan APBD-P). Seakan-akan ini hanya mau membodohi masyarakat bahwa kita mau kerjakan ini stadion," ungkapnya, Minggu (5/11/2023).

"Ini perlu diketahui masyarakat, bahwa sejak Stadion Mattoanging dirubuhkan. DPRD dan Dispora Sulsel sudah mengalokasikan anggaran di tahun 2021 hingga tahun 2023. Padahal, ini barang yang sangat tidak bisa di kerja karena bermasalah hukum, secara aturan dilarang," kata Anggota DPRD dari daerah pemilihan (Dapil) Makassar A ini.

Lebih jauh, Fauzi juga membeberkan, Pemprov dalam hal ini Dispora Sulsel ingin kembali menganggarkan pembangunan Stadion Mattoanging di APBD 2024, tetapi pihaknya menolak hal tersebut karena pekerjaannya tidak dapat terlaksana karena masih bermasalah hukum.

"Dispora tetap mau menganggarkan pembangunan Stadion Mattoanging di APBD 2024. Padahal tidak bisa. Menurut saya, langkah ini untuk meredam saja isu yang beredar di masyarakat. Padahal, anggaran stadion itu tidak bisa masukkan karena memang tidak bisa dilaksanakan," tegasnya.

"Pembangunan stadion tidak dapat dimasukkan di APBD 2024 karena sudah tiga kali batal. Apalagi anggaran Dispora tahun 2024 hanya Rp 43 miliar. Bayar utang prioritas," jelasnya.

Diketahui, sejak Stadion Mattoanging dibongkar, Pemprov anggarkan Rp 70 miliar di 2021 dan Rp66,2 miliar di 2022.
Dan di tahun 2024, pembangunan Stadion Mattoanging masih menjadi prioritas pada dengan mengusulkan penambahan anggaran sebesar Rp200 miliar.

Sahkan APBD 2024

Pemprov bersama dengan DPRD Sulsel melaksanakan Rapat Paripurna pengesahan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2024, Senin (6/11/2023).

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi (Sekprov) Sulsel, Andi Muhammad Arsjad mengatakan, paripurna pengesahan APBD tersebut dilakukan setelah Pemprov melakukan rapat komisi.

  • Bagikan