Dipimpin AIA-DM, Gerindra Sulsel Menang Pilpres dan Kunci Kursi Pimpinan di 14 Daerah

  • Bagikan
Ketua DPD Gerindra Sulsel, Andi Iwan Darmawan Aras bersama Sekretaris DPD Gerindra Sulsel, Darmawangsyah Muin.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Partai Gerindra di bawah kepemimpinan Ketua DPD Gerindra Sulsel, Andi Iwan Darmawan Aras di Pemilu 2024 ini mendapat berkah sehingga partainya terus berkibar.

Pasalnya, AIA sukses membawa partai berlambang kepala Burung Garuda dengan warna kuning keemasan, meraih kemenangan Pilpres dan Pileg di Sulsel.

Adapun prestasi yang diraih DPD Gerindra Sulsel, memenangkan capres-Cawapres Prabowo Gibran di Sulsel dengan angka 3.010.726 suara atau 57,02% persen di Provinsi ini.

Sementara itu, partai Gerindra juga mampu mempertahankan kursi pimpinan (Wakil Ketua DPRD) Sulsel dengan perolehan 13 kursi di 2024. Jumlah kursi Gerindra naik dari sebelumnya hanya 11 kursi di 2019.

Untuk jumlah perolehan kursi DPR RI dari dapil Sulsel, partai Gerindra meraih kursi terbanyak DPR RI di Sulsel yakni 5 mengalahkan partai Golkar atau beringin rindang. Bahkan mengalahkan NasDem.

Partai bentukan Prabowo Subianto itu meraih lima kursi di DPR RI, pemilu 2019 dari 3 kursi naik 5. Di pileg 2024 secara pribadi, AIA yang juga politisi berlatar pengusaha itu mengumpulkan 161.560 suara pribadi. Angka itu naik hampir dua kali lipat dibandingkan Pemilu 2019 lalu. Suara Andi Iwan di Pemilu 2019 mencapai 84.702.

Untuk Kursi DPR RI, selain Gerindra mendominasi 24 kuota, posisi kedua ditempati NasDem dengan perolehan empat kursi. Adapun Golkar baru tiga kader lolos. Sisanya parpol lain.

  • Bagikan