OPINI : Baznas Pacu Sumber Daya Manusia

  • Bagikan
Muh, Zefri Awal, Penerima Beasiswa Beasiswa Cendikia Baznas Universitas Negeri Makassar

Adapun program-program dari Baznas yang membantu peningkatan sumber daya manusiia diantaranya.Program santunan Fakir miskin Program pentasharufan yang diberikan kepada mustahiq berupa bantuan Sembilan bahan pokok.

Program Biaya Pendidikan Bantuan biaya pendidikan siswa SD, SMP, SMA sampai dengan Perguruan Tinggi dikhusukan untuk anak yang kurang mampu, fakir miskin, yatim piatu dan Kaum Dhuafa dan bantuan sosial berupa santunan kepada tenaga pendidik yang terdapat di Sekolah.

Program bantuan modal usaha Bantuan modal usaha kaum dhuafa dibagi menjadi 2 yaitu Modal usaha pemberdayaan dan modal usaha pentasharufan. Bantuan modal usaha pemberdayaan adalah bantuan modal usaha yang diambil dari infaq yang diberikan kepada kaum dhuafa, tetapi ada syarat untuk mengembalikan dalam bentuk bagi hasil.

Bagi hasil yang diserahkan ke BAZDA akan dikelola kembali dalam bentuk pentasharufan ke umat, melalui beberapa program BAZDA.Bantuan modal usaha pentasharufan adalah bantuan modal usaha yang diambil dari zakat yang diberikan kepada kaum dhuafa, tetapi tidak ada syarat untuk mengembalikan dalam bentuk apapun.

Program Rumah belajar Baznas Program Rumah Belajar BAZNAS berupa bimbingan belajar yang ditujukan kepada anak-anak dari keluarga miskin. Kegiatan ini bertujuan membantu siswa kurang mampu di wilayah sekitar Rumah Belajar, yang mengalami keterbatasan ekonomi dalam meningkatkan pendidikannya melalui bimbingan belajar.

Program bantuan panti asuhan Bentuk santunan berupa obat-obatan, sembako, pakaian, peralatan rumah tangga,dll. Santunan disesuaikan dengan kebutuhan dari anak yatim piatu atas rekomendasi dari Panti Asuhan yang menaunginya.

Program Pasien Rawat Inap Program berupa santuan yang diberikan untuk pasien rawat inap dari keluarga miskin sehingga diharapkan sedikit membantu beban keluarga selama di rumah sakit.

Program RTLH, merupakan program bantuan untuk masyarakat terkait infrastruktur.Program ini bertujuan untuk membantu masyarakat yang memiliki rumah tidak layak huni dan tidak mampu untuk melakukan renovasi dengan biaya sendiri.

  • Bagikan