Kans Besar Wajah Baru

  • Bagikan
Rudianto Lallo dan Ahmad Susanto

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak (Pilwali Makassar) tahun 2024 mulai hangat dibicarakan. Apalagi, sebagian bakal calon sudah ambil ‘kuda-kuda’ menghadapi pesta demokrasi tersebut.

Sederet nama wajah baru mulai mengemuka. Dinilai punya elektabilitas dan popularitas baik, mereka diprediksi punya kans mewarnai arena Pilwalkot Makassar 2024 mendatang. Figur-figur muda ini bisa jadi ancaman wajah lama yang akan berpotensi maju kembali di panggung politik 5 tahunan ini.

Tak hanya itu, tanpa walikota incumbent Pilwalkot Makassar bisa lebih dinamis. Peluang setiap figur dinilai hampir sama.

Berdasarkan rilis survey terbaru lembaga kredibel Insert Institute mempublikasikan sejumlah wajah baru di Kota Makassar. Mereka berpotensi maju di Pilwali 2024.

Diantarnya, Rudianto Lallo (Ketua DPRD Makassar), Ahmad Susanto (Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Makassar), dr. Udin Shaputra Malik (Ketua Forum Kemanusiaan Kota Makassar (FKKM), Andi Bukti Jifri (Kepala Badan Balitbangda Makassar), Prof. Zakir Zabara (Guru besar UMI), Fatmawati Mahyuddin (Anggota DPRD Makassar, fraksi Demokrat), Nurhaldin Nurdin Halid (Anggota DPRD Makassar, Golkar), Andi Fauzi Wawo (Ketua PKB Makassar), Irwan Adnan mantan Kepala Bapenda Makassar).

Dari figur tersebut, Rudianto Lallo yang paling banyak diperbincangkan. Politisi NasDem tersebut dinilai sudah matang di dunia politik. Kekuatan politiknya juga sudah teruji. Kepiawaiannya dalam meracik strategi juga telah terbukti, mampu mempertahankan dirinya di DPRD Makassar dua periode sebagai wakil rakyat dari hingga menggapai kursi empuk Ketua DPRD.

Selain itu, ada nama sosok talenta muda yang sebelumnya berkiprah di berbagai organisasi yakni Ahmad Susanto. Ketua KONI yang dikenal dengan sosok peduli akan olahraga cukup populer di Kota Makassar, apalagi di kalangan aktivis dan ormas.

Ahmad Susanto yang merupakan tokoh muda dinilai berhasil memimpin KONI Makassar. Dirinya mengaku akan berusaha semaksimal mungkin bersama pengurus nantinya.

Menanggapi banyaknya figur baru di Pilwali Makassar 2024, Pengamat politik Unhas Makassar, Andi Naharuddin mengatakan, Pilwalkot Makassar 2024 mendatang dipastikan berlangsung ketat.

"Khususnya di Kota Makassar, tak ada incumbent yang bertarung. Wali kota Danny saat ini tak bisa lagi maju karena sudah menjabat dua periode. Jadi, ini peluang bagi figur pendatang baru berkompetisi sama wajah lama," katanya, saat dimintai tanggapan, Jumat (27/1/2023).

  • Bagikan