AHY Safari Politik di Makassar, Mampukah Menaikkan Elektoral Demokrat di Sulsel?

  • Bagikan
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Ketua umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dijadwalkan ke Kota Makassar, besok, Jumat 29 Desember 2023.

Anak mantan Presiden SBY itu diagendakan mengisi beberapa agenda termasuk konsolidasi bersama  kader Demokrat di Kota Makassar, yang digelar di Hotel Claro, Jumat (29/12/2023) malam.

Lantas, mampukah AHY mendongkrak elektoral Partai Demokrat di Sulsel? Pengamat Politik hubungan internasional (HI) Unhas Makassar, Ishaq Rahman memberikan gambaran mengenai kondisi partai Demokrat di Sulsel.

Menurutnya, partai Demokrat di Sulsel meraih 398.047 suara, menempati peringkat ke-5 di bawah Golkar, NasDem, Gerindra, dan PAN.

"Pertanyaan besarnya adalah apakah posisi tersebut dapat dipertahankan, atau bahkan lebih baik lagi, pada Pemilu 2024 nanti?," katanya.

Diakui, meskipun belum mempunyai data terbaru yang valid untuk elektabilitas partai politik di Sulsel. Namun, jika berkaca pada data nasional hasil survei CSIS yang dirilis Rabu (27/12) kemarin, Partai Demokrat berada pada posisi ke-8 dibandingkan partai-partai lain secara nasional.

Lanjut dia, jika kita mencermati kondisi hari ini, nampaknya perjuangan berat sedang dihadapi oleh Demokrat.

"Pada satu sisi, Demokrat tidak cukup menerima manfaat efek ekor jas (coattail effect) dari Pilpres, karena kader utamanya tidak berada pada kontestasi Pilpres 2024," tutuk akademisi Unhas itu.

Di sisi lain, penetrasi kader di lapangan berhadapan dengan gerakan kader-kader lain yang sama agresifnya.

  • Bagikan