Konser dan Pameran Kuliner Laris Manis Diserbu Masyarakat Makassar

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Kota Makassar menjadi kota dengan gelaran event yang padat  sejak awal tahun 2023. Tak terhitung jumlah event yang diselenggarakan, meski begitu perhelatan yang dibuka untuk khalayak umum ini selalu saja ramai diserbu warga Makassar meski berbayar. 

Jika diperhatikan, perhelatan di Makassar sejauh ini didominasi konser musik dan pameran kuliner. Public figure pun wara wiri menghibur masyarakat kota Daeng. Selama Oktober hingga November saja, beberapa musisi akan hadir di Makassar seperti Kotak, Nadien, Rossa, Fadil Jaidi, DJ Butterfly, Ayu Tingting, Nadin Amizah, dan beberapa artis lainnya. 

Ini juga berlaku untuk pameran kuliner, hampir setiap Mall di Makassar terselenggara event kuliner. Di Phinisi Point Mall misalnya, selalu dipadati dengan event kuliner yang menghadirkan puluhan UMKM untuk berjualan begitu juga di Mall Panakkukang, dan Nipah Park. 

Head Event Planner PT. Green Production Sejahtera, Rosmini Hamid, membenarkan besarnya potensi event khususnya kuliner di Makassar. Menurutnya, tipologi Makassar adalah kota dengan masyarakat urban yang punya life style kekinian yang memiliki kebiasaan family time dan me time yang tinggi terutama di pusat keramaian seperti mal, cafe, coffee shop, bahkan warkop. 

"Masyarakat Makassar senangnya Nongkrong sambil jajan, baik makan atau ngemil, sembari ngopi atau minum. Ini sudah jadi habbit sehari-hari. Kondisi ini menghadirkan peluang yang besar bagi pelaku industri kreatif, untuk berkreasi, menggelar event kuliner yang tentunya bukan hanya menghadirkan ragam menu makanan dan jajanan serta minuman., " ujar  mimi sapaan akrabnya. 

Bahkan menurut Mimi, Event kuliner di Makassar tidak akan pernah habis. Sebab masyarakat Makassar memang doyan makan. 

"Apalagi bila disuguhkan hal hal baru, olehnya itu banyak bermunculan UMKM kuliner baru juga. Dan rata-rata menerima respon baik," katanya  

Untuk keuntungan dari penyelenggaraan event kuliner menurut Mimi berbeda beda tergantung UMKM masing masing, namun selalu banyak UMKM yang ingin berpartisipasi pada event kuliner. 

Sejalan dengan itu, Marcom Manager D'Liquid, Askar mengatakan D 'Liquid Makassar selalu menghadirkan artis papan atas ibu kota. Menurutnya kehadiran artis menjadi daya tarik sendri bagi pecinta musik, terbukti penjulan tiket Andmesh di tahun sebelumnya mencapai ratusan tiket sehingga menjadi pertimbangan menggelar kembali event dan menghadirkan artis ibu kota. 

 Askar mengatakan kehadiran berbagai bintang tamu bertujuan untuk memberi hiburan lebih bagi masyarakat Makassar, apalagi selama ini penampilan penyanyi di dominasi konser outdoor

"Konser tidak banyak mempengaruhi tingkat hunian kamar namun berpengaruh pada pembelian produk di Claro Makassar Setelah Andmesh, kami akan menghadirkan DJ Butterfly," jelasnya. (Hikmah/B)

  • Bagikan